PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MTS/SMP KELAS 8 (DELAPAN)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : SMP Negeri 17 Banjarmasin
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VIII/1
Standar Kompetensi   : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar       : 4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2x40 Menit (1 kali pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Mendeskripskan pengertian pasar
2.      Mendeskripsikan fungsi pasar
3.      Mendeskripsikan peranan pasar bagi masyarakat.
4.      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
B.     Karakter Siswa yang Diharapkan
1.      Disiplin ( Discipline )
2.      Rasa hormat dan perhatian ( respect)
3.      Tekun ( diligence )
4.      Tanggung jawab ( responsibility)
5.      Ketelitian ( carefulness)
C.    Materi Pembelajaran (Terlampir)
v  Materi
1.      Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli akan barang dan jasa. pengertian pasar dapat diperluas lagi, yaitu terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara langsung tatap muka) maupun tidak langsung (melalui media pesawat telepon, faximile, dan internet) dalam melakukan transaksi (jual beli) barang dan jasa. Untuk mengetahui dan membedakan apakah suatu tempat dapat dikatakan pasar atau bukan, kita lihat bahwa suatu tempat dapat kita katakan sebagai pasar jika memenuhi kriteria sebagai berikut:
·         Adanya calon penjual dan pembeli
·         Adanya barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan
·         Adanya Interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung
·         Adanya proses permintaan dan penawaran oleh kedua pihak
2.      Fungsi Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi
Berikut adalah fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dimasyarakat.
a.       Fungsi distribusi
Tatkala terjadi kerusuhan massa dan banyak pasar yang dibakar, maka penyaluran barang-barang dari produsen kepada konsumen terganggu dan akibatnya harga barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena tidak ada tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen atau pasar mempunyai fungsi distribusi.
b.      Fungsi pembentukan harga
Setiap barang mempunyai dua macam harga yaitu harga subjektif dan harga objektif. Harga subjektif adalah harga yang dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang harga objektif adalah harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual setelah terjadi proses tawar-menawar. Harga objektif disebut juga harga pasar. Mengapa harga objektif disebut harga pasar? Karena proses tawar-menawar yang terjadi antara pembeli dengan penjual terjadi di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi sebagai tempat pembentukan harga.
c.       Fungsi promosi
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginannya. Agar barang yang telah diproduksi dapat terjual, maka produsen seringkali mengadakan promosi kepada masyarakat/calon konsumen agar calon konsumen mau membeli barang yang dipromosikan. Salah satu tempat yang sering digunakan dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat orang-orang yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan. Dengan demikian pasar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan barang-barang yang telah dihasilkan oleh produsen.
d.      Fungsi stabilitas ekonomi
Perekonomian yang stabil akan mengakibatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya, jika perekonomian tidak stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan terganggu. Stabilitas ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian menjadi tidak stabil. Sebagai tempat yang digunakan untuk menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka pasar mempunyai fungsi untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika barang dan jasa yang tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat menstabilkan dengan cara mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang langka/kurang di pasar secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, sebaliknya, jika barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan, maka pemerintah dapat mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga pemerintah seperti bulog untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut, sehingga harga barang-barang tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi pasar adalah sebagai tempat distribusi, menetukan harga, sarana promosi dan menentukan stabilitas ekonomi. Fungsi pasar akan sangat bermanfaat bagi pelaku-pelaku pasar yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan pasar.
3. Peranan pasar
Peranan pasar pada masyarakat primitif tidak begitu besar, karena masyarakat primitif dalam memenuhi kebutuhannya dilakukan secara mandiri atau dengan mengadakan tukar-menukar (barter) sehingga tidak ada jual beli. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia yang semakin lama semakin banyak dan tidak dapat dipenuhi sendiri, serta telah diciptakannya alat tukar-menukar yaitu uang, maka kegiatan jual beli dalam rangka memenuhi kebutuhan semakin banyak dilakukan oleh manusia. Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat memperlancar kegiatan jual beli. Dalam kegiatan ekonomi, pasar mempunyai peran yang sangat penting bagi semua pelaku ekonomi, baik bagi produsen, konsumen, distributor maupun pihak-pihak lain seperti pemerintah, pekerja dan lain-lain. Adapun peran pasar bagi berbagai pihak antara lain adalah :

a.        Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan-kebutuhannya

Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan pasar, kebutuhannya akan lebih dapat tercukupi dibandingkan dengan masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari pasar.

b.      Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan

Selain konsumen, pelaku pasar yang utama adalah penjual/produsen. Produsen adalah orang yang kegiatannya memproduksi barang dan jasa untuk dijual kepada konsumen. Jika barang dan jasa telah diproduksi, maka barang dan jasa tersebut harus segera dijual kepada konsumen, agar produsen segera mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan produksi selanjutnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Untuk mempermudah produsen menjual barang dan jasa yang telah diproduksi, maka produsen membutuhkan pasar.

c.        Bagi distributor (pedagang) pasar berperan mempermudah kegiatan distribusi

Seperti telah dipelajari di kelas VII, bahwa ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung dan ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya tidak secara langsung. Barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung, tidak membutuhkan perantara (distributor) sehingga konsumen langsung dapat bertemu dengan produsen. Sedang pada barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara tidak langsung, produsen tidak langsung menjual barang kepada konsumen, tetapi melewati perantara (distributor) yaitu pedagang. Para pedagang yang telah membeli barang-barang dari produsen akan menjual barang-barang tersebut kepada konsumen. Untuk mempermudah penjualan barang-barang tersebut, maka penjual (distributor) membutuhkan pasar.

d.      Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah

Dalam sistem ekonomi kerakyatan, pemerintah mempunyai peran ganda yaitu sebagai pelaku ekonomi dan sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Sebagai pengatur kegiatan ekonomi, pemerintah berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana yang digunakan untuk memperlancar kegiatan ekonomi diantaranya adalah pasar. Kebanyakan pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah. Dengan adanya pasar, pemerintah dapat mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi dan dengan adanya pasar, pemerintah akan mendapatkan pajak dan retribusi baik dari pembeli maupun dari penjual sehingga pasar juga berperan sebagai sumber keuangan pemerintah.
e.       Bagi masyarakat secara umum, pasar dapat berperan sebagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan/penghasilan
Selain pembeli dan penjual, di pasar ada pihak lain yang berperan dalam memperlancar kegiatan jual beli, pihak lain tersebut adalah para pekerja pasar yang membantu bagi pembeli atau penjual dalam kegiatan jual beli. Di antara para pekerja pasar tersebut adalah para kuli, satpam, petugas kebersihan atau penjaga sepeda dan lain-lain yang biasanya para pekerja pasar tersebut berasal dari masyarakat sekitar pasar.
v  Peta Konsep 

BAB 10
BENTUK PASAR
PASAR
MACAM-MACAM PASAR
1.       Pengertian Pasar
2. Syarat Terjadinya Pasar
3. Fungsi Pasar
4. Peranan Pasar
Berdasarkan sistem pelayanan & kelengkapan pasar
Berdasarkan fisik pasar
Berdasarkan waktu penyelanggaraan Pasar
Berdasarkan bentuk dan struktur pasar
Berdasarkan luas daerah pemasaran pasar
Berdasarkan barang yang diperjualbelikan di pasar

 


D.    Metode dan Model Pembelajaran
1.      Metode: ceramah plus (ceramah dan tanya jawab)
2.      Model: word square
E.     Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengawali kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
2.      Guru melakukan presensi siswa
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai apa yang ingin dicapai selama proses pembelajaran
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
5.      Apersepsi: “dimana kalian sering membeli suatu barang?”
10 menit
2
Inti
1.      Guru menjelaskan pengertian pasar
2.      Guru menjelaskan  syarat terjadinya pasar
3.      Guru menjelaskan  fungsi pasar
4.      Guru menjelaskan peranan pasar
5.      Guru melakukan proses tanya jawab mengenai materi diatas kepada siswa
6.      Pelaksanaan model word square:
·         Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
·         Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
·         Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
·         Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

50 menit
3
Penutup
1.      Guru mengecek pemahaman siswa
2.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
3.      Evaluasi dengan tes tertulis untuk pelatihan lanjutan.
4.      Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dan guru mengucapkan salam.
20 menit
F.     Sumber Belajar
1.      Kurikulum KTSP dan perangkatnya
2.      LKS IPS Terpadu Kelas VIII
3.      Buku Erlangga IPS Terpadu Kelas VIII
4.      Power Point (PPT) tentang pasar
5.      Video pasar
G.    Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Mendeskripskan pengertian pasar
2.      Mendeskripsikan fungsi pasar
3.      Mendeskripsikan peranan pasar bagi masyarakat.
4.      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.


Tes Tulis
isian
1.      Online shop dikatakan sebuah pasar dikarenakan ?
a.       Membutuhkan akses internet
b.      Interaksi secara langsung  antara penjual dan pembeli
c.       Adanya barang yang hendak diperjual belikan
d.      Harga tidak bisa ditawar
2.      Dibawah ini yang termasuk pasar adalah, kecuali?
a.       Sudimampir
b.      Terapung
c.       Online shop
d.      Jasa potong rambut
3.       pasar sebagai tempat untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Hal ini menunjukkan fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi yaitu...
a. fungsi distribusi
b. fungsi pembentukan harga
c. fungsi promosi
d. fungsi stabilitas ekonomi
4.      Pasar berfungsi dalam pembentukan harga dapat dijumpai dalam bentuk ....
a. proses tawar menawar
b. proses pembelian barang
c. barang yang dijualbelikan
d. proses pembayaran
5. pasar sebagai tempat promosi dapat dibuktikan dalam bentuk ….
a. banyaknya iklan terpasang
b. tempat pembelian barang
c. banyaknya benda dijual
d. terjadi tawar menawar





Kunci Jawaban:
1.      C
2.      D
3.      A
4.      A
5.      A
Remedial
1.      Apakah definisi pasar?
2.      Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar?
3.      Tuliskan syarat-syarat terjadinya pasar?
4.      Sebutkan peranan pasar
Kunci jawaban Remedial
1.      Apakah definisi dari pasar?
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar tersebut pengertian pasar secara kongkret. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar lebih dititikberatkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli disebut pasar, dan jika tidak ada kegiatan jual beli disebut bukan pasar. Pasar dapat terbentuk dimana saja dan kapan saja, di dalam bis, di terminal, di halte, dan lain-lain. Bahkan transaksi jual beli  juga bisa terjadi lewat surat, radio, internet, dan lain-lain.
2.      Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar?
a.       Fungsi Distribusi.
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari dari produsen ke konsumen., melalui transaksi jual beli, produsen dapat memasarkan hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainya.
b.      Fungsi Pembentukkan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli terebih dahulu dilakukan tawar menawar, sehingga diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga.
c.       Fungsi Promosi
Pasar merupakansarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak dikunjungi  para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan  dengan berbagai cara, misalnya memasang spaduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli, dan sebagainay.
3.      Tuliskan syarat-syarat terjadinya pasar?
·         Adanya penjual.
·         Adanya pembeli,
·         Tersedianya barang yang diperjualbelikan,
·          Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
4.      Peranan pasar:

·         Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan-kebutuhannya

·         Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan

·         Bagi distributor (pedagang) pasar berperan mempermudah kegiatan distribusi

·         Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah

·         Bagi masyarakat secara umum, pasar dapat berperan sebagai tempat untuk

Lembar Penilaian
Tugas Individu
NO
Kriteria
skor
Nilai
1
Siswa menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tidak curang atau tidak mencontoh siswa lain.

4
100
2
Siswa menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tetapi bertindak curang.

3
75
3
Siswa menjawab dengan benar tetapi kurang lengkap dengan presentase diatas 50%, bahasa yang digunakan kurang tepat, bertindak curang

2
50
4
Siswa menjawab dengan prosentase kebenaran dibawah 50%, bahasa yang digunakan kurang tepat, bertindak curang

1
25

Mengetahui                                                                 Banjarmasin, 8 November  2016
Guru Pamong                                                                          Mahasiswa

Marliantina, S. Pd                                                                   Muna
19661204 200201 2 003                                                         A1A513065

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPD ( perkembangan peserta didik )

GEOLINGSUM ( GEOGRAFI LINGKUNGAN DAN SUMBERDAYA )

Pengaruh Iklim terhadap Sektor Pertanian