PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MTS/SMP KELAS 8 (DELAPAN)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 17 Banjarmasin
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat
Kompetensi
Dasar : 4.3
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Alokasi Waktu : 2x40 Menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripskan pengertian pasar
2. Mendeskripsikan fungsi pasar
3. Mendeskripsikan peranan pasar bagi masyarakat.
4. Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
B.
Karakter Siswa yang Diharapkan
1.
Disiplin ( Discipline )
2.
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
3.
Tekun ( diligence )
4.
Tanggung jawab ( responsibility)
5.
Ketelitian ( carefulness)
C. Materi
Pembelajaran (Terlampir)
v Materi
1. Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat pertemuan antara
penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli akan barang dan jasa.
pengertian pasar dapat diperluas lagi, yaitu terjadinya hubungan antara penjual
dan pembeli, baik secara langsung tatap muka) maupun tidak langsung (melalui
media pesawat telepon, faximile, dan internet) dalam melakukan transaksi (jual
beli) barang dan jasa. Untuk mengetahui dan membedakan apakah suatu tempat
dapat dikatakan pasar atau bukan, kita lihat bahwa suatu tempat dapat kita
katakan sebagai pasar jika memenuhi kriteria sebagai berikut:
·
Adanya calon
penjual dan pembeli
·
Adanya
barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan
·
Adanya
Interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung
·
Adanya
proses permintaan dan penawaran oleh kedua pihak
2.
Fungsi Pasar
Dalam Kegiatan Ekonomi
Berikut
adalah fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dimasyarakat.
a.
Fungsi distribusi
Tatkala
terjadi kerusuhan massa dan banyak pasar yang dibakar, maka penyaluran
barang-barang dari produsen kepada konsumen terganggu dan akibatnya harga
barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena tidak
ada tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen
kepada konsumen. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar
penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen atau pasar mempunyai
fungsi distribusi.
b.
Fungsi
pembentukan harga
Setiap
barang mempunyai dua macam harga yaitu harga subjektif dan harga objektif.
Harga subjektif adalah harga yang dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang
harga objektif adalah harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual setelah
terjadi proses tawar-menawar. Harga objektif disebut juga harga pasar. Mengapa
harga objektif disebut harga pasar? Karena proses tawar-menawar yang terjadi
antara pembeli dengan penjual terjadi di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi
sebagai tempat pembentukan harga.
c.
Fungsi
promosi
Promosi
adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain
agar mau mengikuti keinginannya. Agar barang yang telah diproduksi dapat
terjual, maka produsen seringkali mengadakan promosi kepada masyarakat/calon
konsumen agar calon konsumen mau membeli barang yang dipromosikan. Salah satu
tempat yang sering digunakan dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi
adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat orang-orang yang ingin berbelanja
barang-barang kebutuhan. Dengan demikian pasar mempunyai fungsi sebagai tempat
untuk mempromosikan barang-barang yang telah dihasilkan oleh produsen.
d.
Fungsi
stabilitas ekonomi
Perekonomian
yang stabil akan mengakibatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.
Sebaliknya, jika perekonomian tidak stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran
masyarakat akan terganggu. Stabilitas ekonomi tergantung pada tersedianya
barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat
tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian akan stabil,
sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan masyarakat tidak tersedia dengan
harga yang terjangkau, maka perekonomian menjadi tidak stabil. Sebagai tempat
yang digunakan untuk menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka
pasar mempunyai fungsi untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika
barang dan jasa yang tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat
menstabilkan dengan cara mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang
langka/kurang di pasar secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat
terpenuhi, sebaliknya, jika barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan,
maka pemerintah dapat mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga
pemerintah seperti bulog untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut,
sehingga harga barang-barang tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa
fungsi pasar adalah sebagai tempat distribusi, menetukan harga, sarana promosi
dan menentukan stabilitas ekonomi. Fungsi pasar akan sangat bermanfaat bagi
pelaku-pelaku pasar yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan pasar.
3. Peranan pasar
Peranan pasar
pada masyarakat primitif tidak begitu besar, karena masyarakat primitif dalam
memenuhi kebutuhannya dilakukan secara mandiri atau dengan mengadakan
tukar-menukar (barter) sehingga tidak ada jual beli. Seiring dengan
perkembangan zaman, kebutuhan manusia yang semakin lama semakin banyak dan
tidak dapat dipenuhi sendiri, serta telah diciptakannya alat tukar-menukar
yaitu uang, maka kegiatan jual beli dalam rangka memenuhi kebutuhan semakin
banyak dilakukan oleh manusia. Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana yang
dapat memperlancar kegiatan jual beli. Dalam kegiatan ekonomi, pasar mempunyai
peran yang sangat penting bagi semua pelaku ekonomi, baik bagi produsen,
konsumen, distributor maupun pihak-pihak lain seperti pemerintah, pekerja dan
lain-lain. Adapun peran pasar bagi berbagai pihak antara lain adalah :
a. Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan-kebutuhannya
Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan pasar, kebutuhannya akan lebih dapat tercukupi dibandingkan dengan masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari pasar.
b. Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan
Selain konsumen, pelaku pasar yang utama adalah penjual/produsen. Produsen adalah orang yang kegiatannya memproduksi barang dan jasa untuk dijual kepada konsumen. Jika barang dan jasa telah diproduksi, maka barang dan jasa tersebut harus segera dijual kepada konsumen, agar produsen segera mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan produksi selanjutnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Untuk mempermudah produsen menjual barang dan jasa yang telah diproduksi, maka produsen membutuhkan pasar.
c. Bagi distributor (pedagang) pasar berperan mempermudah kegiatan distribusi
Seperti telah dipelajari di kelas VII, bahwa ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung dan ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya tidak secara langsung. Barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung, tidak membutuhkan perantara (distributor) sehingga konsumen langsung dapat bertemu dengan produsen. Sedang pada barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara tidak langsung, produsen tidak langsung menjual barang kepada konsumen, tetapi melewati perantara (distributor) yaitu pedagang. Para pedagang yang telah membeli barang-barang dari produsen akan menjual barang-barang tersebut kepada konsumen. Untuk mempermudah penjualan barang-barang tersebut, maka penjual (distributor) membutuhkan pasar.
d. Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah
Dalam
sistem ekonomi kerakyatan, pemerintah mempunyai peran ganda yaitu sebagai
pelaku ekonomi dan sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Sebagai pengatur kegiatan
ekonomi, pemerintah berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana yang
digunakan untuk memperlancar kegiatan ekonomi diantaranya adalah pasar.
Kebanyakan pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia didirikan dan dikelola
oleh pemerintah daerah. Dengan adanya pasar, pemerintah dapat mengendalikan dan
mengatur kegiatan ekonomi dan dengan adanya pasar, pemerintah akan mendapatkan
pajak dan retribusi baik dari pembeli maupun dari penjual sehingga pasar juga
berperan sebagai sumber keuangan pemerintah.
e.
Bagi
masyarakat secara umum, pasar dapat berperan sebagai tempat untuk mendapatkan
pekerjaan/penghasilan
Selain
pembeli dan penjual, di pasar ada pihak lain yang berperan dalam memperlancar
kegiatan jual beli, pihak lain tersebut adalah para pekerja pasar yang membantu
bagi pembeli atau penjual dalam kegiatan jual beli. Di antara para pekerja
pasar tersebut adalah para kuli, satpam, petugas kebersihan atau penjaga sepeda
dan lain-lain yang biasanya para pekerja pasar tersebut berasal dari masyarakat
sekitar pasar.
v Peta Konsep
BAB 10
BENTUK PASAR
|
PASAR
|
MACAM-MACAM PASAR
|
1.
Pengertian
Pasar
|
2. Syarat Terjadinya Pasar
|
3. Fungsi Pasar
|
4. Peranan Pasar
|
Berdasarkan sistem pelayanan &
kelengkapan pasar
|
Berdasarkan fisik pasar
|
Berdasarkan waktu penyelanggaraan Pasar
|
Berdasarkan bentuk dan struktur pasar
|
Berdasarkan luas daerah pemasaran pasar
|
Berdasarkan barang yang diperjualbelikan
di pasar
|
D. Metode dan
Model Pembelajaran
1.
Metode:
ceramah plus (ceramah dan tanya jawab)
2.
Model: word
square
E. Langkah-langkah
kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan mengawali
kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
2. Guru melakukan presensi siswa
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
mengenai apa yang ingin dicapai selama proses pembelajaran
4. Guru memberikan motivasi kepada siswa
untuk aktif dalam proses pembelajaran.
5.
Apersepsi:
“dimana kalian sering membeli suatu barang?”
|
10 menit
|
2
|
Inti
1.
Guru
menjelaskan pengertian pasar
2.
Guru menjelaskan
syarat terjadinya pasar
3.
Guru
menjelaskan fungsi pasar
5.
Guru
melakukan proses tanya jawab mengenai materi diatas kepada siswa
6.
Pelaksanaan
model word square:
·
Guru
menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
·
Guru
membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
·
Siswa
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
·
Berikan
poin setiap jawaban dalam kotak
|
50 menit
|
3
|
Penutup
1.
Guru
mengecek pemahaman siswa
2.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan.
3.
Evaluasi
dengan tes tertulis untuk pelatihan lanjutan.
4.
Menutup pelajaran
dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dan guru
mengucapkan salam.
|
20 menit
|
F. Sumber
Belajar
1.
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
2.
LKS IPS
Terpadu Kelas VIII
3.
Buku
Erlangga IPS Terpadu Kelas VIII
4.
Power Point
(PPT) tentang pasar
5.
Video pasar
G. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1. Mendeskripskan
pengertian pasar
2.
Mendeskripsikan fungsi pasar
3.
Mendeskripsikan peranan pasar bagi
masyarakat.
4. Mengidentifikasi
syarat-syarat terjadinya pasar.
|
Tes Tulis
|
isian
|
1.
Online
shop dikatakan sebuah pasar dikarenakan ?
a.
Membutuhkan
akses internet
b.
Interaksi
secara langsung antara penjual dan
pembeli
c.
Adanya
barang yang hendak diperjual belikan
d.
Harga
tidak bisa ditawar
2.
Dibawah
ini yang termasuk pasar adalah, kecuali?
a.
Sudimampir
b.
Terapung
c.
Online
shop
d.
Jasa potong
rambut
3.
pasar sebagai tempat untuk menyalurkan
barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Hal ini menunjukkan fungsi
pasar dalam kegiatan ekonomi yaitu...
a. fungsi distribusi
b. fungsi pembentukan harga
c. fungsi promosi
d. fungsi stabilitas ekonomi
4.
Pasar berfungsi dalam pembentukan
harga dapat dijumpai dalam bentuk ....
a. proses tawar menawar
b. proses pembelian barang
c. barang yang dijualbelikan
d. proses pembayaran
5. pasar sebagai tempat promosi
dapat dibuktikan dalam bentuk ….
a. banyaknya iklan terpasang
b. tempat pembelian barang
c. banyaknya benda dijual
d. terjadi tawar menawar
|
Kunci
Jawaban:
1.
C
2.
D
3.
A
4.
A
5.
A
Remedial
1. Apakah definisi pasar?
2. Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar?
3. Tuliskan syarat-syarat terjadinya pasar?
4. Sebutkan peranan pasar
Kunci jawaban Remedial
1.
Apakah
definisi dari pasar?
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar
diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Pengertian pasar
tersebut pengertian pasar secara kongkret. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar
tidak dikaitkan dengan masalah tempat, akan tetapi pengertian pasar lebih
dititikberatkan pada kegiatan. Jika ada kegiatan jual beli disebut pasar, dan
jika tidak ada kegiatan jual beli disebut bukan pasar. Pasar dapat terbentuk
dimana saja dan kapan saja, di dalam bis, di terminal, di halte, dan lain-lain.
Bahkan transaksi jual beli juga bisa terjadi lewat surat, radio,
internet, dan lain-lain.
2.
Tuliskan dan jelaskan 3 fungsi pasar?
a.
Fungsi Distribusi.
Dalam fungsi distribusi, pasar
berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari dari produsen ke
konsumen., melalui transaksi jual beli, produsen dapat memasarkan hasil
produksinya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau
kepada pedagang perantara lainya.
b.
Fungsi
Pembentukkan Harga
Sebelum
terjadi transaksi jual beli terebih dahulu dilakukan tawar menawar, sehingga
diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar
menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli)
digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga.
c.
Fungsi Promosi
Pasar
merupakansarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak
dikunjungi para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan
berbagai cara, misalnya memasang spaduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran,
membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli, dan sebagainay.
3. Tuliskan syarat-syarat
terjadinya pasar?
·
Adanya
penjual.
·
Adanya
pembeli,
·
Tersedianya
barang yang diperjualbelikan,
·
Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
4. Peranan pasar:
· Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan-kebutuhannya
· Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan
· Bagi distributor (pedagang) pasar berperan mempermudah kegiatan distribusi
· Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah
· Bagi masyarakat secara umum, pasar dapat berperan sebagai tempat untuk
Lembar Penilaian
Tugas Individu
NO
|
Kriteria
|
skor
|
Nilai
|
1
|
Siswa
menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tidak
curang atau tidak mencontoh siswa
lain.
|
4
|
100
|
2
|
Siswa
menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tetapi
bertindak curang.
|
3
|
75
|
3
|
Siswa
menjawab dengan benar tetapi kurang lengkap dengan presentase diatas 50%,
bahasa yang digunakan kurang tepat, bertindak curang
|
2
|
50
|
4
|
Siswa
menjawab dengan prosentase kebenaran dibawah 50%, bahasa yang digunakan
kurang tepat, bertindak curang
|
1
|
25
|
Mengetahui Banjarmasin,
8 November 2016
Guru Pamong Mahasiswa
Marliantina, S. Pd Muna
19661204 200201 2 003 A1A513065
Komentar
Posting Komentar