RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP/MTS KELAS 8 (DELAPAN)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : SMP Negeri 17 Banjarmasin
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VIII/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami Permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar       : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu            : 2x40 Menit (1 kali pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
2.      Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
3.      Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
4.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
5.      Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
B.     Karakter Siswa yang Diharapkan
1.      Disiplin ( Discipline )
2.      Rasa hormat dan perhatian ( respect)
3.      Tekun ( diligence )
4.      Tanggung jawab ( responsibility)
5.      Ketelitian ( carefulness)
C.    Materi Pembelajaran (Terlampir)
LINGKUNGAN HIDUP
1.      Pengertian
Menurut Undang-Undang No 4 Tahun 1982, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut, lingkungan hidup tersusun dari berbagai unsur yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.
2.      Unsur-unsur Lingkungan Hidup
a.       Unsur Biotik
Unsur biotik adalah unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang dapat menunjukkan ciri-ciri kehidupan, seperti bernapas, memerlukan makanan, tumbuh, dan berkembang biak. Secara umum, unsur biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai.
·         Produsen, yaitu organisme yang dapat membuat makanan sendiri dari bahan anorganik sederhana. Produsen pada umumnya adalah tumbuhan hijau yang dapat membentuk bahan makanan (zat organik) melalui fotosintesis.
·         Konsumen, yaitu organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Konsumen terdiri atas hewan dan manusia. Konsumen memperoleh makanan dari organisme lain, baik hewan maupun tumbuhan.
·         Pengurai atau perombak (dekomposer), yaitu organisme yang mampu menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. Pengurai terdiri atas bakteri dan jamur.
b.      Unsur Abiotik
Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam berupa benda mati yang dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Termasuk unsure abiotik adalah tanah, air, cuaca, angin, sinar matahari, dan berbagai bentuk bentang lahan.
c.       Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya merupakan bentuk penggabungan antara cipta, rasa, dan karsa manusia yang disesuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam setempat.
Termasuk unsur sosial budaya adalah adapt istiadat serta berbagai hasil penemuan
manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Pentingnya Lingkungan Hidup bagi Kehidupan
Wahana Bagi Keberlanjutan Kehidupan Lingkungan hidup merupakan tempat berinteraksinya makhluk hidup yang membentuk suatu jaringan kehidupan.
a.       Tempat Tinggal (Habitat) Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup dari mulai tingkat rendah sampai ke tingkat yang tinggi. Masing-masing spesies membentuk kelompok, contohnya adalah manusia beserta sesamanya membentuk satu kelompok pada suatu daerah menjadi suatu masyarakat tertentu.
b.      Tempat Mencari Makan (Niche) Oleh karena lingkungan hidup merupakan tempat tinggal makhluk hidup, maka selain nyaman dan aman mereka juga memerlukan makan bagi kelangsungan hidupnya. Jadi selain untuk tempat tinggal, lingkungan juga merupakan tempat untuk mencari makan bagi makhluk hidup.
c.       Lingkungan sebagai Tempat Berlangsungnya Aktivitas Sosial, Ekonomi, Politik, Budaya, dan Lain-lain. Berkaitan dengan hal itulah terjalin interaksi sosial yang menunjukkan ketergantungan antar manusia dengan sesamanya. Melalui proses interaksi social manusia mampu mencapai kesejahteraan bagi hidupnya.
4.      Bentuk kerusakan Lingkungan Hidup
Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
·         Kerusakan Lingkungan Lahan
Faktor penyebab kerusakan lahan antara lain :
a)      Penebangan hutan secara liar baik untuk industri maupun untuk pembukaan lahan baru
b)      Pemanfaatan lahan pertanian yang tidak menggunakan sistem rolling sehingga merusak unsur hara
c)      Eksploitasi lahan untuk pembuangan sampah yang tidak terurai semisal sampah plastik
·         Kerusakan Lingkungan Air
Penyebab utama kerusakan lingkungan air adalah sampah dan limbah yang di buang tanpa pengolahan ke perairan.
·         Kerusakan Lingkungan Udara
Penyebab utama kerusakan lingkungan udara adalah pembuangan limbah gas dari mesin baik mesin industri maupun kendaraan bermotor yang menyebabkan pencemaran udara yang parah

5.      Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Pada pelaksanaannya, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai payung hukum bagi aparat pemerintah dan masyarakat dalam bertindak untuk melestarikan lingkungan hidup. Selain itu, usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.
1.      Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan, serta mengatur sistem irigasi atau drainase sehingga aliran air tidak tergenang.
2.      Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan.
3.      Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga.
4.      Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.
Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh siswa sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan hidup, antara lain sebagai berikut:
·         menghemat penggunaan kertas dan pensil,
·         membuang sampah pada tempatnya,
·         memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang,
·         menghemat penggunaan listrik, air, dan BBM
·         menanam dan merawat pohon di sekitar lingkungan rumah tinggal.
D.    Metode dan Model Pembelajaran
1.      Metode: ceramah plus (ceramah dan tanya jawab)
2.      Model: Word Square
E.     Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengawali kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
2.      Guru melakukan presensi siwa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
4.      Apersepsi: “apa yang terlintas dalam benak kalian jika mendengar kata lingkungan?”

10 menit
2
Inti
1.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai apa yang ingin dicapai selama proses pembelajaran.
2.      Guru menjelaskan  materi mengenai pengertian lingkungan hidup
3.      Guru menjelaskan unsur-unsur lingkungan hidup
4.      Guru menjelaskan  arti penting lingkungan bagi kehidupan
5.      Guru menampilkan gambar dan penejelasan bentuk-bentuk  kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
6.      Guru menejelaskan  usaha pelestarian lingkungan hidup.
7.      Guru melakukan proses tanya jawab mengenai materi diatas kepada siswa
8.      Melaksanakan model Word Square:
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok heterogen. Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
·         Guru memberikan lembar soal yang berkaitan tentang materi lingkungan hidup
·         Secara kelompok siswa diminta menuliskan jawaban yang dianggap benar. Diharapkan kepada tiap anggota dalam kelompok mengetahui jawabannya.
·         Setelah selesai menjawab pertanyaan, lembar kerja siswa dikumpulkn kepada Guru.
·         Guru melalui media karton yang berisi word square (kotak huruf)  menampilkan didepan kelas
·         Guru membacakan pertanyaan sesuai dengan pertanyaan dilembar kerja siswa tadi.
·         Secara acak guru menunjuk siswa untuk menjawab dan menemukan jawaban tersebut di Square Word
·         Siswa yang menjawab dan menemukan jawaban tersebut di Square Word mendapatkan poin untuk kelompoknya.
50 menit
3
Penutup
1.      Guru mengecek pemahaman siswa
2.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
3.      Evaluasi dengan tes tertulis untuk pelatihan lanjutan.
4.      Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dan guru mengucapkan salam.
20 menit
F.     Sumber Belajar
1.      Kurikulum KTSP dan perangkatnya
2.      LKS IPS Terpadu Kelas VIII
3.      Buku Erlangga IPS Terpadu Kelas VIII
4.      Karton pembelajaran
5.      Karton Square Words
G.    Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
ÜMengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
ÜMenafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
ÜMengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
ÜMemberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.

Tes Tulis
Esay
1.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup?
2.      Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur lingkungan hidup?
3.      Jelaskan usaha yang dapat dilakukan oleh masyarakat terkait dengan kerusakan lingkungan berupa banjir?
Tes tulis dan Lisan
Isian
4.      Semua yang ada di sekitar kita, baik makhluk hidup maupun benda mati disebut?
5.      Unsur lingkungan yang merupakan hasil pelapukan bahan organik dan bahan anorganik disebut?
Kunci Jawaban:
1.      Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahkluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perkehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
2.      Unsur-unsur lingkungan hidup
·         Unsur Biotik
Unsur biotik adalah unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang dapat menunjukkan ciri-ciri kehidupan, seperti bernapas, memerlukan makanan, tumbuh, dan berkembang biak. Secara umum, unsur biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai.
·         Unsur Abiotik
Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam berupa benda mati yang dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Termasuk unsure abiotik adalah tanah, air, cuaca, angin, sinar matahari, dan berbagai bentuk bentang lahan.
·         Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya merupakan bentuk penggabungan antara cipta, rasa, dan karsa manusia yang disesuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam setempat. Termasuk unsur sosial budaya adalah adapt istiadat serta berbagai hasil penemuan manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Usaha yang dapat dilakukan masyarakat terkait Banjir yaitu melakukan reboisasi bagi lahan hutan yang sudah terlanjur gundul agar dapat menampung air hujan yang turun serta tidak membuang sampah sembarangan.
4.      Lingkungan Hidup
5.      Tanah
Lembar Penilaian
a.      Pengamatan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































      *) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
b.      Tugas Individu
NO
Kriteria
skor
Nilai
1
Siswa menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tidak curang atau tidak mencontoh siswa lain.

4
100
2
Siswa menjawab dengan benar, lengkap, serta menggunakan bahasa yang tepat, tetapi bertindak curang.

3
75
3
Siswa menjawab dengan benar tetapi kurang lengkap dengan presentase diatas 50%, bahasa yang digunakan kurang tepat, bertindak curang

2
50
4
Siswa menjawab dengan prosentase kebenaran dibawah 50%, bahasa yang digunakan kurang tepat, bertindak curang

1
25

Mengetahui                                                                 Banjarmasin, 29 Agustus 2016
Guru Pamong                                                                          Mahasiswa

Marliantina, S. Pd                                                                   Muna
19661204 200201 2 003                                                         A1A513065

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPD ( perkembangan peserta didik )

GEOLINGSUM ( GEOGRAFI LINGKUNGAN DAN SUMBERDAYA )

Pengaruh Iklim terhadap Sektor Pertanian