JENIS-JENIS MASAKAN ATAU MAKANAN RUMAHAN KHAS AMUNTAI

Amuntai merupakan ibukota dari kabupaten hulu sungai utara yang terdapat diprovinsi kalimantan selatan. Mayoritas penduduknya bekerja dibidang agraris seperti bertani, mencari ikan, berkebun, dan beternak. Dari hasil tersebut ada sebagian untuk dijual dan sebagian dikonsumsi sendiri. Adapun kalau dikonsumsi sendiri itu biasanya diolah menjadi masakan rumahan yang simple namun mencuri nasi.....udahlah basa basinya.. langsung aja ini ada beberapa masakan atau makanan rumahan yang terdapat di amuntai.

1. Pizza banjar (limping pisang)
    Bukannya ini masuk cemilan ya.... yang penting mah ini menurutku termasuk makanan yang dimasak,,, apa seih gk nyambung. Haha.... 
Nah kalau limping ini bikinnya to gampang bangeett kalau kamu bukan anak mami ya... aku to anak mama, bisa bikin limping ini cuman masih bnyak nanya-nanya sm mama. Maa ini galapungnya seapa (ma ini tepungnya seberapa banyak).. maa ini bla bla bla... haha. Itu waktu pertama tapi sekarang gak... Insya Allah...sedikit berbagi pengalaman yg gk penting. Langsung dibawah ini bahan dan cara membuat limping....!!
● alat dan bahan
Pisang talas (terserah semua jenis pisang)
Tepung terigu
Air kapur sirih
Air dan garam secukupnya
●cara membuat
- siapkan wadah
- kupas pisang dan potong kecil-kecil 
- campur potongan kecil pisang dengan air kasih garam dan sedikit air kapur sirih
- aduk rata agar semua tercampur. 
- adonan jangan terlalu encer
- siapkan wajan kasih minyak sedikit panaskan
- masukkan dua sendok nasi kedalam wajan bentuk bundaran tutup dengan penutup panci
- biarkan masak kedua sisinya dengan cara dibalik
- kalau sudah masak sesuai seleramu angkat dan sajikan.

Mudahhhhh kan.. nah ini penampakan dari limping tersebut


2. Sarawa pisang (kolak pisang)
    Kolak pisang aku yakin semua udah familiar ya kann..kolak identik dengan makanan pembuka ya. Tapi kalau didearah aku itu dijadikan makanan utama dimakan pakai nasi....
What.. what.. what.... iya pakai nasi pakai lauk. Lauknya itu iwak wadi. You know iwak wadi, itu loh ikan yang dipermentasi dengan garam yang banyak. Jadi perpaduan antara kolak yang manis nasi yang hambar dan ikan yang asin.. beeehhh itu sampai tiga kali nambah. 
Jujur kalau aku kurang suka dicampur nasi, biasanya aku makan ikannya sama nasinya aja. Kolaknya dijadikan makanan penutup.... ini kalian kalau mau tau penampakan masakannya.


3. Amparan tatak/wadai lakatan dibawah/wadai basumap
     Bagi yang baru dengar nama diatas aneh aneh ya...... yang pertama ada amparan tatak itu kue yang terbuat dari pisang bahan utamanya kalau gak ada pisang nangka juga boleh. Amparan tatak itu warnanya putih bersih suci tanpa noda...., kenapa amparan tatak namanya itu dikarenakan cetakan kuenya itu berbentuk bundaran cukup besar seperti amparan, karena terlalu besar maka dipotong (ditatak) menjadi beberapa bagian, makanya disebut dengan amparan tatak. Yang kedua ada wadai lakatan dibawah ( wadai=kue lakatan=ketan dibawah=dibawah) berarti kue dengan ketan dibawah.. haha ngaco terjemahannya. Biasany ketannya itu terlebih dlu dicuci ditiriskan dan ditumbuk supaya bulir2 nya menjadi lebih kecil kemudian dicampur dengan parutan kelapa kasih garam dan gula secukupnya kemudian dikukus dulu setengah matang kemudian angkat dan taruh diatasnya adonan gula merah yang telah dicampur dengan lala kelapa. Kemudian dikukus kembali sampai matang.... kira-kira seperti itu lah cara membuatnya agak ribet. Nah yangvterakhir  wadai basumap (basmap=dikukus) kurang lebih sama cuman ini bawahnya terbuat dari afonan tepung beras dan santan kalau gak sapah... haha. Maaf y. Atasnya biasanya macam-macam ada yang terbuat dari adonan gula merah sm lala kelapa terus bisa pakai perisa pandan... ntabbbss.. ketiga kue ini biasanya jadi primadona waktu ramadhan tiba.
  
4. Mandai tiwadak goreng
     Tiwadak ini cempedak ya...buah seribu guna. Buahnya bisa dibikin kolak, campur pakai santan aja sudah enak, dibikin sanggar, dan sebagainya maksudnya tergantung inovasi kalian. Bijinya direbus aja kasih garam enak parah, tapi jangan terlalu banyak ya karena bisa menyebabkan anda sering buang gas alias kentut... haha... selain biji dan buah ada lagi bagian yang namanya mandai. Nah mandai ini yang jadi primadona dari buah tiwadak kalau menurut ku loh ya.... sambalnya itu gak ribet bikinnya bawang merah bawang putih cabe keriting gula garam penyedap rasa. Tinggal ulek ulek sampai halus kemudian campur dengan mandai yang sudah dikuliti dari kulitnya dan dipotong kecil2. Diamkan sebentar panaskan minyak secukupnya aja goreng mandai setelah hampir matang beri irisan cabe hijau menambah keelokan tampilan.... apaan seih keelokan bahasanya... hahahha...

Masih banyak lagi masakan rumahan yang khas dan unik, cuman disini aku kehabisan persediaan... salam dari amuntai khususnya kampungku Teluk Mesjid kecamatan Danau Panggang..
Kalau ada diantara kalian yang mau nambahkan atau ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dikolom komentar ya. Trims.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPD ( perkembangan peserta didik )

GEOGRAFI PERMUKIMAN (Analisis permukiman komplek dharma bakti 01 kel. sungai andai kec. banjarmasin utara)

GEOLINGSUM ( GEOGRAFI LINGKUNGAN DAN SUMBERDAYA )